Definisi Facebook
Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan olehFacebook, Pada September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat".
Sejarah Facebook
Sejarah Facebook diawali oleh seorang mahasiswa Harvard yang bernama Mark Zuckerberg. Facebook atau sering disingkat FB merupakan jejaring pertemanan yang sangat populer, hingga sampai saa tercatat pengguna aktif facebook kurang lebih 400. Namun disamping kepopuleran tersebut, ternyata banyak dampak negatif mulai dari penculikan gadis-gadis remaja, dimana diberitakan hilang gara-gara facebook, dan tidak jarang juga perceraian yang juga disebabkan karena facebook dan lain sebagainya, sampai-sampai Mujelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa “Facebook Haram”. Semuanya kembali pada diri kita masing-masing, bagaimana kita memanfaatkan facebook. Kalau berbicara masalah haram atau tidak, itu tergantung bagaimana kita memanfaatkan sesuatu antara positif dan negative. Yaitu awal mula sejarah facebook. Facebook dirintis pada tahun 2006 oleh seorang mahasiswa Harvard yang bernama Mark Zuckerberg. Mark Elliot Zuckerberg atau Mark Zuckerberg lahir lahir pada 14 Mei 1984 di Dobbs Ferry, Westchester County, New York, Amerika Serikat (AS).
Ide berawal ketika dia bersekolah di Exeter High School, New HampshireSaat itulah dia berkenalan dengan Adam D’Angelo. Zuckerberg Lulus dan masuk Harvard University, awalnya membuat program Coursematch yang memungkinkan mahasiswa di kelas yang sama bisa melihat daftar teman-teman sekelas. Proyek selanjutnya membuat facemash.com. Lewat situs ini para pengunjung bisa memberi stempel “keren” atau “jelek” foto seorang siswa, dan membuat Zuckerberg dipanggil oleh Badan Administrasi Universitas Harvard karena dianggap membobol sistem keamanan komputer kampus, melanggar peraturan privasi di internet, dan melanggar hak cipta.
Oleh karena itu ia mebuat Facebook dan diluncurkannya pada tahun 2004. Dalam waktu singkat duapertiga mahasiswa Harvard jadi pengguna Facebook. Teman sekamarnya, Dustin Moskovitz dan Chris Hugh, dberhasil mengembangkan sayap ke Universitas Stanford, Columbia, Yale, Ivy College, dan beberapa sekolah lainnya di wilayah Boston. Dalam waktu singkat, mereka meluncurkan Facebook ke 30 sekolah.
Zuckerberg bersama Moskovitz dan beberapa teman lain pindah ke Palo Alto, California, liburan musim panas 2004 menyewa rumah kecil buat kantor. Oleh karena ingin mengerjakan Facebook dengan serius mereka meninggalkan Harvard. Di kantornya itulah Zuckerberg bertemu Peter Thiel, pendiri Paypal, yang ngasih dana segar sebesar US$ 500.000 ,merupakan investor pertama mereka sehingga mereka bisa pindah ke kantor yang lebih besar di di Universitas Avenue yang dinamai sebagai kantor “Kampus Urban”
Pada 23 Agustus 2005 Zuckerberg membeli domain facebook.com dari Aboutface Corporation senilai US$ 200.000 atau sekitar Rp 1,86 miliar. Pada 2 September 2005, Zuckerberg meluncurkan situs Facebook khusus untuk anak-anak sekolah menengah atas. Hanya dalam waktu 15 hari sejak peluncurannya, sebagian besar sekolah di AS sudah menjadi anggotanya. pada akhir tahun 2005, Facebook telah mencakup sekitar 2.000 kampus dan 25.000 sekolah menengah atas di AS, Kanada, Inggris, Meksiko, Puerto Riko, Australia, Selandia Baru, dan Irlandia.
Pada 23 Agustus 2005 Zuckerberg membeli domain facebook.com dari Aboutface Corporation senilai US$ 200.000 atau sekitar Rp 1,86 miliar. Pada 2 September 2005, Zuckerberg meluncurkan situs Facebook khusus untuk anak-anak sekolah menengah atas. Hanya dalam waktu 15 hari sejak peluncurannya, sebagian besar sekolah di AS sudah menjadi anggotanya. pada akhir tahun 2005, Facebook telah mencakup sekitar 2.000 kampus dan 25.000 sekolah menengah atas di AS, Kanada, Inggris, Meksiko, Puerto Riko, Australia, Selandia Baru, dan Irlandia.
Pada 27 Februari 2006, dia mulai mengizinkan para mahasiswa yang menjadi pengguna situs ini untuk menambahkan siswa-siswa SMA sebagai temannya. BusinessWeek, melansir kabar bahwa Zuckerberg tengah bernegosiasi dengan calon pembeli potensial Facebook. Tapi, akhirnya, dia menolak tawaran yang disebut-sebut bernilai US$ 750 juta atau sekitar Rp 6,97 triliun. Pasalnya, Zuckerberg menganggap harga itu terlalu murah. Saat itu, dia memperkirakan nilai Facebook US$ 2 miliar.
Pada April 2006, investor pertama situs ini, yaitu Peter Thiel, Greylock Partners, dan Meritech Capital Partners, menambah investasi di Facebook dengan menyetorkan dana US$ 25 juta. Facebook pun masuk ke India melalui Institut Teknologi India dan Institut Manajemen India.
Dia juga memberikan fasilitas Facebook Notes. Fitur baru ini merupakan fitur blogging yang memungkinkan pengguna memberikan tagging, memasukkan gambar, dan fitur-fitur lainnya. Selain itu, pengguna bisa mengimpor blog dari situs Xanga, LiveJournal, Blogger, dan situs blogging lainnya. Berkat fitur baru tersebut, pembaca bisa memberikan komentar terhadap tulisan yang dimuat pengguna Facebook. September 2006, Zuckerberg membuka layanan Facebook bagi semua pengguna internet. Namun, langkah ini justru menuai protes dari para pengguna dan pelanggan setianya. Alhasil, dua minggu berselang Facebook terpaksa membenahi layanan baru itu dengan membuka pendaftaran bagi pengguna internet yang mempunyai alamat surat atau e-mail yang jelas.
Peter Thiel, memprediksi pendapatan situs ini pada 2015 nanti bisa mencapai US$ 1 miliar. Nah, pada saat itu, nilai perusahaan pun bakal ikut meroket menjadi sekitar US$ 8 miliar. Ada juga iklan baris gratis di Facebook. Fitur yang diberi nama Facebook Marketplace ini diluncurkan pada 14 Mei 2007. Layanan baru ini pun langsung menjadi pesaing perusahaan-perusahaan online lain. Craigslist yang sudah lebih dulu menempatkan iklan baris di situsnya. Bisnis Zuckerberg pun kian mengalir lancar. Bahkan, Apple rela memperpanjang kerjasama dengan Facebook untuk memajang contoh musik iTunes.
Facebook membeli perusahaan Parakey Inc., dari Blake Ross dan Joe Hewitt, pada Juli 2007. Parakey adalah produsen aplikasi komputer yang mempermudah transfer data berupa tulisan, gambar, dan video ke sebuah situs di internet. Bill Gates, pada Oktober 2007 membeli 1,6% saham Facebook seharga US$ 240 juta. Pasalnya, Zuckerberg tidak berniat menjual semua saham Facebook sekaligus. Alasannya sederhana dan sungguh mulia, dia ingin Facebook tetap independen.
Pada 7 November 2007, situs ini meluncurkan layanan terbaru berupa pemasangan iklan dengan sistem yang disebut Facebook Beacon. Triliuner Hongkong, Li Ka-shing, tertarik untuk menanamkan duit senilai US$ 60 juta di Facebook pada 30 November 2007.
Sekarang jumlah pegawainya sendiri telah mencapai 400 orang. Namun, Facebook adalah perusahaan unik. para eksekutif dan petingginya masih berusia muda, antara 24 tahun-37 tahun. Markas besar Facebook lebih mirip asrama mahasiswa. Para pegawai, yang setiap hari mendapat jatah makan gratis, bekerja sambil melakukan kegiatan favoritnya. Ada yang bermain gitar, bersepeda, main pesawat kontrol, atau bergoyang ditemani musik racikan seorang disc jockey (DJ). Mereka juga tak perlu berpakaian rapi. Celana pendek dan sandal jepit adalah kostum favorit mereka dikantor. Zuckerberg mengaku ogah suasana kantor yang terlalu formal.
Begitulah sejarah facebook yang dapat kita pelajari bersama semoga kita bisa mengambil pelajaran dari sejarah awal mula facebook ini dan tentunya menambah wawasan pengetahuan kita tentang sejarah facebook, apalagi bagi kita yang memang aktif pengguna facebook dan kalau tidak tahu sejarah facebook itu sendiri
Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa ilmu komputer Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun. Meski begitu, menurut survei Consumer Reports bulan Mei 2011, ada 7,5 juta anak di bawah usia 13 tahun yang memiliki akun Facebook dan 5 juta lainnya di bawah 10 tahun, sehingga melanggar persyaratan layanan situs ini.
Studi Compete.com bulan Januari 2009 menempatkan Facebook sebagai layanan jejaring sosial yang paling banyak digunakan menurut jumlah pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. Entertainment Weekly menempatkannya di daftar "terbaik" akhir dasawarsa dengan komentar, "Bagaimana caranya kita menguntit mantan kekasih kita, mengingat ulang tahun rekan kerja kita, mengganggu teman kita, dan bermain Scrabulous sebelum Facebook diciptakan?"Quantcast memperkirakan Facebook memiliki 138,9 juta pengunjung bulanan di AS pada Mei 2011. Menurut Social Media Today pada April 2010, sekitar 41,6% penduduk Amerika Serikat memiliki akun Facebook. Meski begitu, pertumbuhan pasar Facebook mulai turun di sejumlah wilayah dengan hilangnya 7 juta pengguna aktif di Amerika Serikat dan Kanada pada Mei 2011.
Macam – Macam Fasilitas Facebook Yang Diminati Siswa
Facebook memiliki berbagai fitur-fitur yang ditujukan untuk pengguna dengan maksud agar pengguna tidak merasa bosan pada saat menggunakan Facebook. Para pengguna Facebook dapat dimanjakan dengan adanya fitur-fitur ini. Beragam fitur yang ada dalam Facebook antara lain:
Facebook feature:
- Update Status/ Status terkini
--> Untuk menuliskan segala macam uneg-uneg yang ada dalam perasaan Anda; mengungkapkan keinginan Anda.
- Message/ Pesan
--> Untuk mengirim pesan ke pengguna Facebook lainnya.
- Chat/ Obrolan
--> Untuk saling berbicara dengan pengguna Facebook lain melalui tulisan secara langsung dan real time.
- Photos/ Foto
--> Anda dapat meng-upload foto-foto Anda; ruang untuk memasang foto
- Videos/ Video
--> Anda dapat meng-upload video Anda.
- Friends/ Teman
--> Anda dapat menambah teman Anda.
- Applications/ Aplikasi
--> Banyak aplikasi menarik yang tersedia yang dapat Anda pakai untuk hiburan.
- Games/ Permainan
--> Banyak jenis permainan yang dapat dimainkan dalam Facebook.
- Notes/ Catatan
--> Anda dapat menulis catatan untuk kemudian di-share dengan pengguna Facebook lainnya.
- Wall/Dinding
--> Ruang tempat sesama pengguna mengirimkan pesan-pesan terbuka.
- Poke/ Colek
--> Sarana untuk saling 'mencolek' secara virtual
- Gifts/ Hadiah
--> Fitur untuk saling berkirim hadiah
3) Fitur-fitur baru yang ada di facebook
Adapun beberapa fitur baru yaitu:
A) Menu Sunting dan Hapus Pada Komentar
A) Menu Sunting dan Hapus Pada Komentar
Menu ini memungkin pengguna facebook untuk mengedit kembali komentar yang telah ditulis sekaligus menghapusnya jika itu diperlukan.
B) Emoticon pada fasilitas chat facebook.
Icon-icon ini dulunya kalau kita sementara ngobrol dengan teman-teman di facebook, untuk memasukannya masih secara manual tapi sekarang sudah dipermudah dengan adanya fitur yang satu ini. Jadi nda perlu repot-repot lagi mikirin kode emoticonnya untuk mengekspresikan apa yang akan kita sampaikan pada teman-teman.
C) Menu pageview pada fanpage
Teman-teman yang sudah membuat fanpage facebook untuk blognya ataupun untuk pribadinya, Akan menemukan menu ini di bagian bawah pada setiap informasi ataupun artikel yang sudah di share ke fanpage facebooknya. Menu ini memberikan informasi kepada kita bahwa sudah berapa orang yang melihat atau membaca informasi yang sudah kita share ke fanpage facebook. Tapi menu ini hanya bisa dilihat pada saat pengguna facebook login pada akun facebooknya dan melihat perkembangan informasi pada fanpagenya.
D) Menu Promosi
Menu ini memungkinkan bagi pengguna facebook untuk mempromosikan informasi yang di share ke facebook. Menu ini lebih tepatnya untuk mempromosikan informasi-informasi yang berbau bisnis online atau apalah namanya yang dianggap penting. Tapi sayang pertama kali saya lihat menu ini, saya kira gratis untuk menggunakannya padahal harus mengeluarkan sedikit uang saku untuk menggunakannya. Jika sobat mau beriklan di facebook, kayaknya bisa juga pake fasilitas yang satu ini.
Sebetulnya masih banyak fitur-fitur baru lain yang ada pada facebook seperti adanya pilihan upload file di grup, tampilan halaman pesan, pilihan "Menonaktifkan Obrolan Pada Salah satu teman saja", ngobrol dengan teman-teman di facebook dalam satu chatroom saja, pengelolah iklan, menu pusat aplikasi dan kabar permainan, facebook messenger dan kawan-kawannya yang lain. Silakan sobat perhatikan sendiri pada akun facebooknya masing-masing atau pada facebook secara keseluruhan. Jika ada fitur baru yang belum sempat saya singgung pada artikel ini, silakan konfirmasi pada saya atau silakan bahas juga pada blognya masing-masing.
Perubahan Perilaku Siswa Karena Seringnya Pemakaian Facebook.
Facebook telah merajalela di kalangan remaja. Siswa menjadi sangat senang untuk menggunakan facebook, oleh karena itu siswa yang menggunakan facebook akhirnya mendapatkan teman yang banyak dan mendapat pergaulan yang baru. Sehingga timbulah perilaku yang baru terhadap siswa. Contohnya seperti sering melewatkan waktu belajar dan lebih mementingkan bermain facebook daripada belajar.
Pengaruh Negatif Dari Facebook Di Kalangan Remaja.
Facebook banyak memberikan dampak negatif bagi para remaja. Dengan adanya facebook, perhatian remaja untuk belajar semakin berkurang. Waktu yang seharusnya digunakan untuk belajar tergantikan untuk bermain facebook. Setiap harinya kebanyakan para remaja mengisi waktunya untuk selalu online. Apalagi kini kebanyakan handphone sudah dilengkapi layanan koneksi internet yang memudahkan penggunanya untuk online dimana dan kapan pun.
Dampak negatif facebook semakin hari semakin terasa, meskipun para facebookers banyak yang tidak menyadari akan pengaruh negati facebook ini. Mungkin karena sudah kecanduan dengan yang namanya facebook. Tapi justru inilah yang berbahaya, yang tidak disadari.Buat kamu para remaja dan siswa serta anak anak, kamu harus tahu apa saja dampak negatif dari facebook. Karena pengguna facebook di dominasi oleh para remaja usia 14-24 tahun sebanyak 61,1%.
Ini adalah sepuluh dampak facebook:
Ini adalah sepuluh dampak facebook:
- Tidak peduli dengan sekitarnya
Orang yang sudah kecanduan facebook terlalu asyik dengan dunianya sendiri (dunia yang diciptakannya). sehingga tidak peduli dengan orang lain dan lingkungan di sekitarnya. Seseorang yang telah kecanduan facebook sering mengalami hal ini.
- Kurangnya sosialisasi dengan lingkungan
Ini dampak dari terlalu sering dan terlalu lama bermain facebook. Ini cukup mengkhawatirkan bagi perkembangan kehidupan sosial remaja. Mereka yang seharusnya belajar sosialisai dengan lingkungan justru lebih banyak menghabiskan waktu lebih banyak di dunia maya bersama teman-teman facebooknya yang rata rata membahas sesuatu yang tidak penting. Akibatnya kemampuan verbal si anak menurun. Tentu yang dimaksud autis di sini bukan dalam arti yang sebenarnya
- Menghamburkan uang
Akses internet untuk membuka facebook jelas berpengaruh terhadap kondisi keuangan (terlebih kalau akses dari warnet). Dan biaya internet di Indonesia yang cenderung masih mahal bila dibanding negara negara lain (mereka sudah banyak yg gratis). Ini sudah bisa dikategorikan sebagai pemborosan, karena tidak produktif. Lain soal jika mereka menggunakannya untuk kepentingan bisnis
- Mengganggu kesehatan
- Mengganggu kesehatan
Terlalu banyak duduk di depan monitor tanpa melakukan kegiatan apa pun, tidak pernah olah raga sangat beresiko bagi kesehatan. Penyakit akan mudah datang. Telat makan dan tidur tidak teratur. Obesitas (kegemukan), penyakit lambung (pencernaan), dan penyakit mata adalah gangguan kesehatan yang paling mungkin terjadi.
- Berkurangnya waktu belajar
Ini sudah jelas, terlalu lama bermain facebook akan mengurangi jatah waktu belajar si anak sebagai siswa. Bahkan ada beberapa yang masih asyik bermain facebook saat di sekolah.
- Kurangnya perhatian untuk keluarga
Keluarga di rumah adalah nomor satu. Slogan tersebut tidak lagi berlaku bagi para facebookers. Buat mereka temen temen di facebook adalah nomor satu. Tidak jarang perhatian mereka terhadap keluarga menjadi berkurang.
- Tersebarnya data pribadi
Beberapa facebookers memberikan data-data mengenai dirinya dengan sangat detail. Biasanya ini untuk orang yang baru kenal internet hanya sebatas facebook saja. Mereka tidak tahu resikonya menyebarkan data pribadi di internet. Ingat data data di internet mudah sekali bocor, apalagi facebook yang gampang sekali di hack!
- Mudah menemukan sesuatu berbau pornografi dan sex
Mudah sekali bagi para facebookers menemukan sesuatu yang berbau pornografi. Karena hal itu yang paling banyak dicari di internet dan juga paling mudah ditemukan. inilah fakta tidak dewasanya pengguna intenet Indonesia. Hanya menggunakan internet untuk mencari konten "berlendir". Di facebook akan sangat mudah menemukan grup sex, grup tante kesepian, grup cewek bispak dan lain-lain.
- Rawan terjadinya perselisihan
Tidak adanya kontrol dari pengelola facebook terhadap para anggotanya dan ketidak dewasaan pengguna facebook itu sendiri membuat pergesekan antar pengguna facebook sering sekali terjadi
.
- Sering terjadi penipuan
- Sering terjadi penipuan
Seperti media media lainnya, facebook juga rawan terhadap penipuan. Apalagi bagi anak anak yang kurang mengerti tentang seluk beluk dunia internet. Bagi si penipu sendiri, kondisi dunia maya yang serba anonim jelas sangat menguntungkan.
Upaya yang Dilakukan Untuk Mengatasi Dampak Negatif Dari Facebook.
a. Jangan gunakan indentitas asli saat mendaftar maupun sedang ber-Facebook-an.
b. Waspada atau hati-hati kepada orang yang belum kita kenal.
c. Ajak teman pada saat ingin berjumpa dan hindarkan apabila di ajak ke tempat yang sepi.
d. Gunakan Facebook yang labih berguna dan bermanfaat saja.
e. Hindari Facebook-an yang mengarah dari perbuatan negatif.
f. Orang tua harus megawasi anaknya setiap saat kalau perlu diperketat pengawasanya. Semoga dengan beberapa cara ini kita sebagai orang tua dapat mengantisipasi sedini mungkin agar kaum remaja yang menjadi tumpuan bangsa ini tidak terjebak asesuatu yang tidak kita inginkan.
Tujuan Mengatasi Dampak Negatif Dari Facebook.
Facebook merupakan jaringan sosial yang terkenal. Facebook memiliki beberapa fasiltas yang menarik, sehigga membuat kita tertarik. Namun facebook mempunyai beberapa dampak negatif. Berikut adalah cara-cara untuk mengatasi dampa negatif tersebut :
- Mengatur waktu. kita harus mengatur waktu kita, kapan kita membuka facebok dan kapan kita mengerjakan tugas kita. misalnya 4x seminggu. Hal ini di lakukan agar kita tidak terikat dengan facebook.
- Menghargai orang lain. Dengan mengharai orang lain, kita tidak akan mengejek orang tersebut. Bahkan mengejek atau menyindir orang tersebut di facebook.
- Bisa menentukan proritas. Kita harus bisa membedakan mana yang lebih penting antara tugas kita dengan membuka facebook.
- Kita harus mengetahui fungsi facebook. Bila kita mengetahui fungsi facebook, kita tidak akan menyalah gunakannya.
- Membatasi membuka facebook. Dengan membatasi membuka facebook, tidak akan terjadi pemborosan.
DAFTAR RUJUKAN
1. http://answers.yahoo.com/question/index?qid=20110925072628AACGyIT, (diakses 28 Desember 2014 pukul 17.21)
2. http://farentysiregar.blogspot.com/2014/03/pengaruh-facebook-terhadap-prestasi.html, (diakses 27 Desember 2014 pukul 10.32)
3. http://digilib.unimed.ac.id/pengaruh-jejaring-sosial-facebook-terhadap-prestasi-belajar-mahasiswa/29792 (diakses 27 Desember 2014 pukul 09.55)
4. http://lussychandra.blogspot.com/2013/02/karya-ilmiah-pengaruh-jejaring-sosial.html (diakses 25 Desember 2014 pukul 10.10)
5. http://ardisonic.com. Ardisonic. 2010. Hati-hati Efek Buruk Facebook. (Diakses 22 Desember 2014 pukul 09.48)
6. http//vizbizportal.com/ Dewi. 2010. Pengaruh Situs Jejaring Sosial (Facebook, Twitter) terhadap Para Penggunanya. (Diakses 24 Desember 2014 pukul 12.36)
7. www.tempointeraktif.com Ismail, Ade. 2009. Facebook Bikin Rapor Jeblok (Diakses 24 Desember 2014 pukul 13.22)
8. www.detikinet.com Ismail, Ade. 2009. Studi: Facebook Turunkan Nilai Akademik (Diakses 9 Desember 2014 pukul 08.55)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar